Jumat, 07 April 2017

OLAHRAGA MASA KECIL

Kenal dengan 7 Olahraga Tradisional Asli Indonesia ini? Masa Kecilmu Bahagia, Sob !

Kenal dengan 7 Olahraga Tradisional Asli Indonesia ini? Masa Kecilmu Bahagia, Sob !



Olahraga Tradisional merupakan olahraga yang berasal asli dari berbagai daerah di Wilayah Indonesia. Hingga era 90an  olahraga ini masih sering dimainkan, akan tetapi pada saat ini Olahraga Tradisional mulai tergerus oleh permainan permainan modern yang menjadikan anak – anak jaman sekarang jarang memainkannya bahkan mungkin tidak mengetahui keberadaan olahraga tradisional yang dikemas dalam sebuah permainan yang menuntut kekompakan pemainnya.
Kalau Sobat Blend mengenali 7 Olahraga Tradisional Asli Indonesia ini, dan bahkan pernah memainkannya, berarti masa kecilmu bahagia, Sob !
1.Enggrang
Enggrang merupakan Permainan Olahraga Tradisional yang berasal dari daerah Jawa, enggrang Jajangkungan (Bahasa Sunda) ini biasanya sering dimainkan oleh anak-anak . Hanya dibutuhkan sebatang kayu yang dipaku sebagai pijakan pada sebilah bambu yang berukuran kecil dengan ketinggian sekitar 0,5 m dari tanah. Perlombaan Enggang ini sering sekali dimainkan pada acara HUT RI dan acara-acara yang bersifat kedaerahan.
2.Permainan Benteng (Bentengan)
Permainan yang dimainkan oleh dua grup, masing-masing terdiri dari 4 sampai dengan 8 orang. Masing-masing grup memilih suatu tempat sebagai markas, biasanya sebuah tiang, batu atau pilar sebagai ‘benteng’. Tujuan utama permainan ini adalah untuk menyerang dan mengambil alih ‘benteng’ lawan dengan menyentuh tiang atau pilar yang telah dipilih oleh lawan dan meneriakkan kata benteng. Permainan ini sangat membutuhkan kecepatan berlari dan juga kemampuan strategi yang handal.
3.Kasti
Kasti atau Gebokan merupakan sejenis olahraga bola. Permainan yang dilakukan 2 kelompok ini menggunakan bola tenis sebagai alat untuk menembak lawan dan tumpukan batu untuk disusun. Siapapun yang berhasil menumpuk batu tersebut dengan cepat tanpa terkena pukulan bola adalah kelompok yang memenangkan permainan. Kerjasama antaranggota kelompok sangat dibutuhkan seperti halnya olahraga softball atau baseball.
4.Tarik Tambang
Tarik Tambang pasti permainan yang satu ini tidak asing lagi bagi kita karena permainan ini merupakan permainan yang cukup memasyarakat, Tarik Tambang ini biasanya dipertandingkan pada berbagai acara perayaan dimulai dari HUT RI sampai dengan berbagai acara komunitas. Permainan nya pun cukup mudah karena kita cukup menyediakan tali (Tambang ijuk) yang digunakan untuk mengadu kekuatan (tarikan) dengan tim lawan.
5.Sepak Takraw
Olahraga apakah yang dimainkan dengan cara seperti bermain sepakbola dan bola voli, tetapi dilakukan di lapangan bulu tangkis? Ya, sepak takraw! Pemain sepak takraw tidak boleh menyentuh bola dengan tangan, dan hanya boleh menggunakan kaki mereka sehingga sekilas gerakan-gerakan dalam permainan sepak takraw mirip dengan gerakan seni bela diri.
6.Bakiak
Bakiak (Jawa Tengah) atau Bangkiak (Jawa Timur) atau Terompa Galuak (Sumatra Barat) adalah sejenis sandal yang telapaknya terbuat dari kayu yang ringan dengan pengikat kaki terbuat dari ban bekas yang dipaku dikedua sisinya. Sangat populer karena murah terutama dimasa ekonomi susah sedangkan dengan bahan kayu dan ban bekas membuat bakiak tahan air serta suhu panas dan dingin.
7.Galah Asin / Gobak Sodor
Galah asin, galasin, atau gobak sodor adalah sejenis permainan daerah dari Indonesia. Permainan ini adalah sebuah permainan grup yang terdiri dari dua grup, di mana masing-masing tim terdiri dari 3 - 5 orang. Inti permainannya adalah menghadang lawan agar tidak bisa lolos melewati garis ke baris terakhir secara bolak-balik, dan untuk meraih kemenangan seluruh anggota grup harus secara lengkap melakukan proses bolak-balik dalam area lapangan yang telah ditentukan. Permainan ini seru melatih ketangkasan, strategi, kecepatan, dan kecerdikan.
Gimana, Sob ? Tidak ada salahnya kita lestarikan kembali Olahraga Tradisional Asli Indonesia ini  ,dan  nikmati kesegaran Extra Joss Blend bersama teman sepermainanmu supaya tim kalian lebih kuat mengalahkan tim lawan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar